Tips Agar Anak Gemar Membaca

Share

privat baca tulis dan calistung
Memiliki anak yang hobi membaca adalah kebanggaan tersendiri bagi orang tua di tengah maraknya industri mainan dan digital yang semakin mengikis minat dan kecintaan anak terhadap buku.Anak adalah pengingat yang ulung karena anak mampu mengingat hanya dengan bentuk huruf-huruf penyusunnya. Tetapi, terkadang anak tidak suka membaca buku dengan tulisan-tulisan yang tingkat kesulitan yang tinggi. Oleh karena itu, orang tua harus menumbuhkan kebiasaan gemar membaca sedini mungkin pada anak.

Jadikan Rutinitas Harian

Pepatah “cinta karena biasa” juga berlaku pada anak untuk menumbuhkan kebiasan gemar membaca buku. Resep dasar yang sederhana adalah membiasakan anak membaca dan menjadikannya bagian dari rutinitas sehari-hari.

Lakukan kebiasaan membaca dalam waktu-waktu yang disenangi anak seperti bangun tidur atau setelah mandi. Anda bisa memulainya dengan durasi waktu sekitar 20-25 menit dan jika anak kehilangan konsentrasi, istirahat sejenak dan ulangi lagi beberapa saat setelahnya. Orang tua bisa mengajarkan keterampilan membaca seperti mengenalkan huruf, merangkai huruf menjadi kata, dan mengeja kata-kata.

Ajukan Pertanyaan

Orang tua bisa membacakan cerita singkat untuk anak dan ajukan beberapa pertanyaan ringan seputar isi cerita. Sambil bercerita, anda bisa mulai mengenalkan aneka bentuk huruf dan kata-kata. Dan jangan lupa untuk menciptakan suasana yang menyenangkan saat aktifitas berlangsung.

Lakukan bersama-sama

Orang tua tidak akan bisa menumbuhkan anak yang gemar membaca jika orang tua sendiri tidak melakukan apa-apa. Jadikanlah aktifitas membaca sebagai kencan yang menyenangkan.

Gunakan Alat Bantu

Dengan buku dongeng, orang tua bisa mengajari anak untuk gemar membaca. Gunakan jari tangan atau pensil sebagai alat bantu membaca. Berhenti sejenak pada kata-kata yang mudah diingatnya dan juga sulit diingat, kemudian minta anak untuk melafalkannya.
Apabila anda kesulitan untuk mengajarkan anak untuk membaca mungkin kami siap membantu anda dengan program belajar baca tulis yang terstruktur dan teruji.

0 komentar:

Poskan Komentar