Multiple Intelligence

Share

privat sd dibekasi
Kecerdasan majemuk (multiple intelligence) saat ini telah menjadi satu istilah yang populer. Sekolah-sekolah menawarkan pada masyarakat bahwa mereka akan mendidik siswanya dengan memperhatikan kecerdasan majemuk. Apa arti istilah kecerdasan majemuk? Bagaimana kita dapat mengenali aspek kecerdasan majemuk anak kita? Bagaimana mengembangkannya?

Sejarah



Kecerdasan majemuk adalah sebuah teori psikologi dan sekaligus teori pendidikan yang pertama kali digagas oleh seorang psikolog bernama Howard Gardner. Teori ini pertama kali dilontarkan pada bukunya di tahun 1983, Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Teori ini menyatakan bahwa manusia itu memiliki berbagai macam kecerdasan, dan setiap individu memiliki tingkat yang bervariasi untuk setiap jenis kecerdasan tersebut. Karena itu, setiap orang memiliki "profil kognitif" yang unik.

Teori Gardner ini berpendapat, bahwa definisi kecerdasan yang selama ini dianut, tidak mampu menggambarkan berbagai kemampuan yang dimiliki manusia. Contohnya, Andi yang mudah menghafal perkalian belum tentu secara keseluruhan lebih cerdas dibanding Joni yang sulit menghafal. Mungkin Joni lebih cerdas dalam aspek yang lain atau mungkin harus belajar dengan cara yang lain.

Gardner juga berpendapat, sekolah tidak boleh bersandar pada satu kurikulum baku. Sekolah harus mampu menawarkan "pendidikan yang berpusat pada individu." Dengan demikian, kurikulum disusun berdasarkan kebutuhan unik masing-masing anak. Ini juga termasuk membantu murid meningkatkan aspek kecerdasan yang kurang.

Teori ini mendapatkan kritikan luas dari kalangan psikologi dan pendidikan. Kritik yang paling umum adalah bahwa teori Gardner ini didasarkan pada intuisinya saja, bukan berdasar data empiris. Kritik ini juga menyatakan bahwa aspek kecerdasan yang disebutkan Gardner hanyalah nama lain dari bakat atau tipe kepribadian.

Walaupun demikian, teori ini sangat diterima di kalangan pendidik selama dua puluh tahun terakhir. Banyak sekolah menggunakan teori ini sebagai sebuah pedagogi, dan banyak guru yang memasukkan sebagian atau seluruh teori ini dalam cara mengajar mereka. Berbagai buku dan bahan ajar dibuat untuk menjelaskan teori dan penerapannya di dalam kelas.
Aspek Kecerdasan Majemuk

Apa saja aspek kecerdasan yang telah diidentifikasi oleh Gardner? Penjelasan berikut dapat memandu Anda untuk mengenali tipe kecerdasan yang menonjol pada anak Anda:

a. Linguistik. Kecerdasan linguistik-verbal berhubungan dengan kata-kata, baik lisan maupun tulisan. Biasanya anak dengan kecerdasan ini menonjol dalam membaca, menulis, bercerita, mengingat kata dan bahasa. Pekerjaan yang cocok bagi orang dengan kecerdasan ini adalah penulis, ahli hukum, filosof, politisi dan guru.

b. Logis-matematis. Kecerdasan ini berhubungan dengan logika, abstraksi, penalaran induktif dan deduktif, serta angka. Kecerdasan ini lebih mengarah pada kemampuan penalaran, pengenalan pola abstrak, berpikir ilmiah dan penyelidikan, serta mampu mengerjakan perhitungan yang kompleks. Karir yang cocok untuk orang dengan tipe ini adalah ilmuwan, ahli matematika, dokter dan ahli ekonomi.

c. Visual-Spasial. Kecerdasan ini berhubungan dengan penglihatan dan pemahaman spasial. Anak yang menonjol dalam aspek ini sangat bagus dalam memvisualisasikan dan memanipulasi objek secara pikiran. Ingatan visualnya sangat kuat dan biasanya artistik. Biasanya anak seperti ini juga pandai menentukan arah mata angin dan memiliki koordinasi tangan-mata yang bagus. Karir yang cocok untuk orang tipe ini adalah seniman, insinyur, dan arsitek.

d. Kinestetik. Aspek ini berhubungan dengan gerakan dan kegiatan fisik. Anak yang menonjol pada aspek ini sangat mahir dalam aktivitas fisik seperti olahraga dan menari. Biasanya anak ini dapat belajar dengan baik bila sambil melakukan aktivitas fisik tertentu. Kecerdasan ini sangat dibutuhkan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan menari, olah raga, bedah, kerajinan dan sejenisnya.

e. Musikal. Kecerdasan ini berhubungan dengan ritme, musik dan pendengaran. Anak yang menonjol kecerdasan musikalnya lebih sensitif pada suara, ritme, warna suara, dan musik. Anak ini bisa bernyanyi, bermain alat musik bahkan menggubah musik. Anak ini sering menggunakan lagu dan ritme untuk belajar dan mengingat sebuah informasi. Pekerjaan yang cocok adalah musisi, penyanyi, konduktor, dan penggubah.

f. Naturalis. Kecerdasan ini berhubungan dengan alam dan pengklasifikasian. Aspek kecerdasan ini bukan bagian orisinal dari teori Gardner tentang Kecerdasan Majemuk. Anak yang menonjol dengan kecerdasan ini lebih sensitif pada alam dan lingkungan sekitarnya. Ia mampu menumbuhkan dan memelihara tanaman, mudah memelihara, menjinakkan, dan berhubungan dengan binatang. Dengan mudah anak ini mengenali dan membedakan berbagai spesies. Karir yang cocok untuk kecerdasan ini adalah ilmuwan, naturalis, ahli konservasi, dan petani.

g. Interpersonal. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan berhubungan dengan orang lain. Biasanya anak yang menonjol pada kecerdasan ini cenderung ekstrovert dan sensitif pada perasaan orang lain. Anak ini mudah bekerja sama dalam kelompok. Ia dengan mudah berkomunikasi dan berempati pada orang lain, baik saat sebagai pemimpin maupun sebagai anak buah. Ia dapat belajar dengan baik melalui kerja sama dengan orang lain. Ia juga menyukai diskusi dan debat. Karir yang sesuai dengan tipe kecerdasan ini adalah : politisi, manajer, pekerja sosial, diplomat.

h. Intrapersonal. Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan instropeksi dan refleksi diri. Anak dengan kecerdasan ini cenderung introvert dan lebih suka melakukan sendiri. Biasanya anak in mampu memahami emosi, tujuan dan motivasinya sendiri. Ia dapat belajar dengan baik bila diperbolehkan untuk berkonsentrasi pada hal yang diinginkannya sendiri. Karir yang sesuai dengan kecerdasan ini adalah : ahli filsafat, psikolog, teolog dan penulis.
Mengenali Kecerdasan Anak Anda

Secara lebih sederhana, Anda dapat mengenali aspek kecerdasan yang menonjol atau kurang menonjol pada anak Anda dengan membandingkannya dengan tabel berikut ini.

ANAK YANG MENONJOL PADA ASPEK:


CARA BERPIKIRNYA


MENYUKAI


MEMBUTUHKAN

Linguistik


dalam kata-kata


membaca, menulis, bercerita, permainan kata


buku, tape rekaman, alat tulis, kertas, buku harian, dialog, diskusi atau debat

Logis- Matematis


dengan penalaran


percobaan, mempertanyakan, bermain puzzle, berhitung


benda dan alat untuk eksplorasi dan dipikirkan, bahan-bahan sains, kunjungan ke planetarium atau museum sains

Spasial


dengan bayangan dan gambar


merancang, menggambar, memvisualisasikan, corat-coret


seni, LEGO, video, film, gambar, permainan imajinasi, maze, puzzle, buku bergambar, museum seni

Kinestetik


melalui rangsangan secara fisik


menari, berlari, melompat, membangun sesuatu, menyentuh


meniru (role play), drama, bergerak, mainan susun, olah raga, permainan fisik, belajar secara aktif

Musikal


dengan ritme dan melodi


menyanyi, bersiul, bersenandung, mengetukkan kaki dan tangan, mendengar


bernyanyi, menonton konser musik, bermain musik di rumah/sekolah, punya alat musik

Inter-personal


dengan melontarkan gagasan ke orang lain


memimpin, berorganisasi, berhubungan dengan anak lain, menengahi


teman, kelompok bermain, pertemuan sosial, kegiatan kemasyarakatan, mentor

Intra-personal


dengan berpikir dalam-dalam sendiri


menetapkan tujuan, merenung, bermimpi, berdiam diri


tempat rahasia, waktu untuk menyendiri, pekerjaan yang ditentukan sendiri targetnya, pilihan-pilihan

Menurut Gardner, tingkat setiap aspek kecerdasan pada masing-masing orang bukanlah harga mati. Semuanya dapat diasah dan dikembangkan dengan pendekatan-pendekatan tertentu.

Sumber:

www.wikipedia.org
KENALI KECERDASAN MAJEMUK ANAK ANDA

Secara lebih spesifik, kuis berikut dapat membantu Anda mengidentifikasi aspek kecerdasan yang relatif lebih menonjol dibandingkan dengan aspek yang lain pada anak. Kuis berikut ini adaptasi dari kuis yang disusun oleh Michael Bergman dalam bukunya, A Multiple Intelligences Road To An ELT Classroom.
PETUNJUK PENGISIAN

1. Isilah setiap pernyataan berikut dengan nilai :
• 0 : bila Anda tidak setuju dengan pernyataan yang diberikan
• 2 : bila Anda sangat setuju dengan peryataan yang diberikan
• 1 : bila Anda ragu-ragu atau setengah setuju dan setengah tidak.

2. Kemudian jumlahkan skor untuk setiap aspek kecerdasan.

3. Aspek yang mendapatkan skor tinggi relatif dibanding aspek yang lain memberikan gambaran aspek kecerdasan yang menonjol pada anak Anda.
KUIS
Kecerdasan Interpersonal

a.


______


Anak Anda sering menjadi pemimpin dalam permainan

b.


______


Anak Anda senang mengobrol dengan temannya

c.


______


Anak Anda sering menolong temannya

d.


______


Anak Anda sering menjadi tempat curhat temannya

e.


______


Jumlah teman anak Anda banyak

f.


______


Anak Anda menjadi anggota beberapa klub kegiatan



______


TOTAL UNTUK KECERDASAN INTERPERSONAL
Kecerdasan Intrapersonal

a.


______


Anak Anda suka menonton tv sendirian

b.


______


Anak Anda suka belajar menyendiri

c.


______


Anak Anda mampu mengatakan apa yang menjadi kemampuannya

d.


______


Anak Anda suka menghabiskan waktu untuk menyendiri

e.


______


Terkadang sikap anak Anda dianggap aneh oleh temannya

f.


______


Anak Anda mampu belajar dari kesalahan yang dibuatnya



______


TOTAL UNTUK KECERDASAN INTRAPERSONAL
Kecerdasan Logis - Matematis

a.


______


Anak Anda mampu menghitung di luar kepala

b.


______


Anak Anda suka mengelompokkan barang-barang

c.


______


Anak Anda menyukai permainan semacam halma atau catur

d.


______


Anak Anda menyukai permainan angka

e.


______


Anak Anda tertarik bermain komputer

f.


______


Anak Anda suka bertanya cara kerja suatu benda



______


TOTAL UNTUK KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS
Kecerdasan Linguistik

a.


______


Anak Anda suka membaca buku dan majalah

b.


______


Anda menilai anak Anda adalah pembaca yang baik

c.


______


Anak Anda suka bercerita atau membuat lelucon

d.


______


Anak Anda dapat mengingat nama teman-temannya dengan mudah

e.


______


Anak Anda suka mengucapkan kata-kata sulit

f.


______


Kosa kata anak Anda sangat bagus



______


TOTAL UNTUK KECERDASAN LINGUISTIK
Kecerdasan Kinestetik

a.


______


Anak Anda sulit berdiam diri untuk waktu yang lama

b.


______


Anak Anda mudah menirukan gerakan orang lain dengan tepat

c.


______


Anak Anda suka bermain permainan balok, mekanik

d.


______


Anak Anda suka berolah raga

e.


______


Anak Anda sering membuat model mobil, orang atau binatang dari lilin

f.


______


Anak Anda suka menari atau senam



______


TOTAL UNTUK KECERDASAN KINESTETIK
Kecerdasan Spasial

a.


______


Anak Anda mampu menunjukkan arah rumah saat berjalan-jalan

b.


______


Anak Anda suka kegiatan seni rupa

c.


______


Gambar anak Anda relatif lebih bagus dibanding teman sebayanya

d.


______


Film dan gambar sangat memudahkan anak Anda dalam menyerap informasi baru

e.


______


Anak Anda menyukai buku yang banyak gambarnya

f.


______


Anak Anda suka bermain puzzle



______


TOTAL UNTUK KECERDASAN SPASIAL
Kecerdasan Musikal

a.


______


Anak Anda mampu menyanyikan banyak lagu

b.


______


Anak Anda dapat menyanyikan lagu dengan nada yang tepat

c.


______


Anak Anda tertarik memainkan alat musik dan mampu memainkannya dengan cepat

d.


______


Anak Anda dapat merasakan bila mendengar nada lagu yang sumbang

e.


______


Anak Anda sering mengetukkan jari secara berirama

f.


______


Anak Anda sering bersenandung dan bernyanyi



______


TOTAL UNTUK KECERDASAN MUSIKAL
Kecerdasan Naturalis

a.


______


Anak Anda menyukai kegiatan luar

b.


______


Anak Anda suka mendengarkan suara burung, jangkrik atau suara alam lainnya

c.


______


Anak Anda dapat membedakan jenis-jenis tumbuhan dan binatang

d.


______


Anak Anda mampu membedakan, mana ular berbisa atau tidak

e.


______


Anak Anda suka mengamati tanaman dan/atau mengumpulkan batuan

f.


______


Anak Anda senang memelihara tanaman atau binatang



______


TOTAL UNTUK KECERDASAN NATURALIS

Nah, kuis ini hanyalah sebuah cara sederhana untuk mengetahui kelebihan anak Anda. Dan juga dengan mengetahui aspek yang kurang menonjol, Anda dapat menentukan cara belajar yang tepat bagi anak Anda.

Sumber:

www.anglolang.com/uploads/MutipleIntelligencesCheck.doc

1 komentar:

rieka mengatakan...

Sebenarnya sih sekarang dg maunya teknologi, ada cara yg relatif mudah untuk tahu kecerdasan majemuk anak, biayanya relatif mahal (Rp1,5jt) tapi sebanding dg hasilnya karena selain tahu gambaran anak kita, kita juga diberikan konsultasi dg psikolog jd tidak akan salah dlm mengarahkan anak. Anakku sudah ikutan & hasilnya emang akurat +- 90% menggambarkan anakku. Coba deh telpon 021 - 3272 8499 atau 0815 1849491. Smoga berguna.

Poskan Komentar